LABUAN BAJO TRIP

SAILING  KOMODO

P Kelor

Labuan Bajo yeahhhh finally setelah   selalu gagal kesani dengan segala kendala waktu , cuti, sakit , budget ( hehehe) dll , 2018 adalah waktu yang  tepat yang  tuhan telah berikan untuk menginjakan kaki di bagian timur bumi pertiwi Indonesia. mau cerita  sedikit ( Flashback) tentang perjuangan mendapat tiket ke Labuan bajo. Setelah beberpa kali searching di berbagai aplikasi travel , masih saja menunjukan di angka 3,6 Juta( dengan Perjalanan PP paling murah). Masih mikir mikir dan itung itung lagi belum budget selama disana. Dan jreng jreng jreng ada travel fair di JiEXPO (Sriwajaya Travel Fair), hari pertama kesana Setelah pulang kerja sekitar jam setengah 6, sesampai disana beli tiket masuk dan  berharap bisa langsung masuk antrian Sriwijaya Travel Fair ternyata dan ternyata itu antrian panjang banget dan mereka antri dari siang masih belum masuk booth nya ,oh my god . dan akhirnya kita Cuma bisa nunggu orang orang yang sudah megang tiket dengan destinasi tujan mereka sambil nanya nanya , harga tiket yang terpampang betul atau tidak. Dan akhir nya setelah random nanya orang orang ada juga yang destinasi nya sama dengan Kita Labuan Bajo, dan mereka dapat 600 PP Wowwwwwwwwwwww, kita semakin semangat untuk kembali hunting besok. Besokanya Niat Banget sih kita Antri Jam 7.30 Pagi walaupun loket di buka jam 10 Pagi, akhirnya sampai juga depan loket  (tentunya masih tutup) dan ternyata yang datang  Jam 7an pun banyak , gara gara kemarin ga kebagian, akhirnya daripada nunggu sekitar 3 jaman kita saling kenalan dan ngobrol ngobrol sesama  traveler yang lain , dan tidak terasa jam 10 pun tiba loket  pun di buka , yeaaa tiket masuk di tangan dan langsung lari lagi keantrian Sriwaja. ( kalau dipikir pikir orang Indonesia tuh kaya kaya sebenarnya buat sesuatu yang bayar aja rela antre panjang banget ) , setelah sampai di booth nya kita antre lagi dan tiba giliran kami ketemu customer Service nya , awalnya agak kecewa di tanggal yang dipilih angka nya mencapai 2 jutaan PP( Padahal berharap 600 ribu PP)  akhirnya kita extend hari , setelah ditambah satu hari harganya menjandi 1.2 PP tidak pikir panjang langsung booked ( urusan cuti nanti aja yang penting tiket di tangan, yang awal plan cuti 2 hari jadi 3 hari ). Tiket sudah di tangan berharap tidak akan terjadi sesuatu di hari H ,Fyi beli tiket di Bulan Des  2017 dan berangkat di April 2018.
         Karena tidak memungkinkan untuk backpacker di P. Komodo akhirnya kami memilih ikut open trip , dan untungnya open trip bisa private minimal 4 orang, Open Trip Beres
Oke kita akan mulai petualangan di Labuan Bajo.

Hari Pertama :
Kamis 5 April 2018 02.00 PM WIT.
Welcome to P. Komodo Airport  ya mungkin itu adalah kata kata yang tepat ketika tiba , fyi sebelumnya sempat transit di Bali sebelum tiba di Bandara Komodo. Dari Bandara dijemput oleh mas surya guide kami yang akan mengexplore dengan Trip Sailing Komodo nya. Rasanya sudah tidak sabar !!! ya trip nya di mulai  pada hari jumat esok. hari pertama di gunakan untuk istirahat agar Besok badan segar bugar. Kami menginap di hostel Ciao , kalian bisa explore di traveloka atau mesin pencari lainnya, walaupun hostel tapi banyak juga beberapa artis yang menginap disini.
ini adalah salah satu tempat favorit di Ciao ada dilantai 3 , kenapa tempat favorit iya dengan view yang cantik menghadap laut lepas , tempat ini juga adalah point untuk menikmati Sunrise.
Tepat Saya berdiri ini adalah view dari hostel yang kami tinggali.
Disanalah Sailing Komodo akan di Mulai , Boat Boat dan Pinisi sudah bersandar cantik.
Breakfast with view
Take a rest with the view
Sunrise at Ciao

EXPLORE BEGIN

Petualangan di mulai, kami dijemput menggunkan mobil dari hostel menuju dermaga jarak dari hostel ke dermaga kurang lebih 5 menit memang sangat dekat jaraknya, dan kapal kapal pun bersandar menunggu sang pemilik datang, 3 hari 2 malam kami akan menghabiskan waktu di kapal ini. 3 hari serasa sebentar karena memang jadwal  sangat padat hari pertama kami mengunjungi P. kelor , P. Rinca , P. Kalong . Hari Ke dua kami mengunjungi P. Padar , Pink Beach,Taka Makassar, dan sunset di gili lawa bermalam di gili lawa   hari ke 3 Sunrise gili lawa, Manta point , Kanawa dan kembali ke labuan bajo.
Di kapal ini sangat lengkap mulai dari buah buah an , snack , kopi , teh , cola , minuman buah dan tidak lupa makan 3 kali sehari , pokonya ga bakal kelaparan deh apalagi masuk angin walaupun di tengah laut begini , hehehe karena perut ga pernah kosong.

Ini adalah sudut terfavorit  di kapal ini , sambil ngopi tentunya.

Kopi ternikmat ever.

P. KELOR
Akhinya kapal kami mendarat di P. Kelor ya persinggahan pertama sebelum ke pulau lainnya.
P. Kelor sendiri adalah salah satu wilayah kepulauan Komodo. satu kata yang dapat digambarkan dari pulau ini adalah mempesona pokoknya jatuh cinta pada pandangan pertama pasirnya yang putih laut nya yang hijau dan biru, sangat indah dan cantik . rasanya tidak mau balik ke jakarta lagi , ga mau macet macet lagi, ga mau kena polusi lagi. tapi apa daya kalo ga kerja ga bisa jalan jalan .

Indah ciptaan Tuhan , perpaduan yang sangat cantik.laut , gunung, pohon .

Ini mencapai keatas sini kita perlu mendaki , tapi ga terlalu jauh kok paling 15- 20 menit lah jalan santai.

P. RINCA

Setelah dari P kelor tujuan berikutnya adalah ke P. Rinca, P. Rinca masih satu kepulauan denga P Komodo, P Rinca juga adalah tempat habitat nya Komodo , selain di pulau komodo kalian bisa menemukan banya komodo disini . ya seperti yang kalian ketahui Komodo adalah salah satu keajaiban dunia yang sudah di resmikan oleh UNESCO. bangga ya kita pastinya untuk itu kita harus menjaga melestarikanya, untuk melihat komodo disini tidak sembarang datang dan melihat , karena harus di dampingi seorang ranger, ranger adalah orang yang akan memandu kita selama disini.

Ini adalah beberapa komodo yang diambil.

Di P Rinca ini tidak hanya melihat komodo saja tapi ada beberapa tracking nya mulai dari easy , medium sampai yang high, mumpung disini kami pilih yang high , ini adalah view dari atas lumyan juga mendaki lagi.

P. KALONG

Sesuai dengan namanya P. Kalong pulau ini memang banyak di huni oleh kalong kalong , pada saat sore menuju malam kalong kalong ini berhamburan keluar, dan berikut photo yang diambil ketika kalong keluar pas ketika sunset lagi .

PULAU PADAR

Sampai lah kita di padar background yang sering kalian lihat di explore instagram mungkin , atau di mesin pencarian . mungkin gue salah satu dari sekian banyak yang sangat penasaran sekali dengan padar, dengan background photo 3 laut di kelilingi dengan bukit yang sungguh indah, tidak henti hentinya mengucap syukur atas segala keindahan yang telah suguhkan oleh ALLAH SWT. satu hal yang membuat gue sedih adalah ketika akan meninggalkan padar , gue tatap lama lama dengan sensor pixel mata , mungkin lebay sekali tapi sungguh rasanya sangat sedih ketika harus kembali ke kapal dan meninggalkan pulau padar.

PINK BEACH

Santai sejenak di Pink Beach karena tidak perlu mendaki lagi hahahah sudah lelah mendaki , disini hanya menikmati pantai saja sebenarnya sih jadwal nya snorkeling juga hanya saja rasanya sudah malas dan tidak ada tenaga , akhir nya gue hanya menikmati pantai ini dan ambil beberapa gambar. ya sesuai dengan namanya pink beach atau pantai pink, pasir nya berwarna pink , jika dilihat dari ketinggian akan terlihat sangat jelas pink nya.

Gili Lawa Darat

Setelah dari pink beach kita bermalam di gili lawa , agar besok nya bisa langsung mendaki lagi ke gili lawa. sebelum istirahat mas surya mengajak hunting sunsent , awal nya malas tapi dia bilang kita mendaki nya bukan pendakian yang utama tapi mendaki yang rendah saja, akhirnya ikut. ambil beberapa gambar lalu turun kembali bersih bersih mandi , makan dan tidurrrrrrrrrrrrrrrrrrrrr.

sunset
Ga Nyesel capek capek naik lagi dari pagi sampe sore.

SUNRISE GILI LAWA

Rasanya Waktu Cepat sekali berlalu , ketemu pagi lagi alhamdulilah , rasanya malas sekali untuk siap siap ke atas dan mendaki lagi , perut belum diisi hanya minum susu saja buat jaga jaga, dan bawa air putih untuk bekal diatas. pendakian kali ini  lumayan sekitar 2 jam sampai keatas. tapi dengan view yang indah ngedumel nya ilang heheh.

SUNSET DILAUT

3 hari 2 malam akan ada 2 sunset ini adalah foto beberapa sunset di laut lepas ketika kapal berjalan , gue dari dulu suka banget sama sunset dibanding sunrise ga tau ya rasanya ketika melihat senja hati itu gimana syhadu, damai , kadang sedih kadang takut, rasanya lebih ngena banget di hati.

SAYONARA

BYE LABUAN BAJO , FLORES .

photo ini diambil ketika akan masuk pesawat kebetulan langit sedang bagus bagus nya dan awan ya juga mendukung .

Popular posts from this blog

( part thailand) Backpackeran 3 Negara Thailand , Kamboja , Vietnam (Part Thailand)