( part thailand) Backpackeran 3 Negara Thailand , Kamboja , Vietnam (Part Thailand)

Trip Simple  3 NEGARA THAILAND, KAMBOJA, DAN VIETNAM

( part 1 thailand)

Trip 3 Negara ini sebenarnya sudah saya rencanakan beberapa tahun kebelakang  bersama teman , tetapi ada lain Hal yang mengakibatkan tidak jadi berangkat karena tiba tiba saja dia cancel , dan akhir nya saya pun tidak jadi pergi. Nah di 2019 kepikiran lagi nih mau lanjutin perjalanan yang tertunda 3 tahun lalu . akhirnya buat Itenary yang simple simple saja perhitungkan budget hotel , pesawat , akomodasi , uang makan . dan parah nya lagi saya sama sekali tidak dapat tiket promo alias semua nya ini benar benar menghabiskan uang yang lumayan banyak . by the way saya pergi bersama mama , semenjak pergi umrah bersama beliau , mama selalu ingin pergi jalan jalan keluar negeri terus hehehe . walaupun tipis tipis masih wilayah Asia.
Langkah pertama masih pantengin harga Tiket pergerakanya lumayan narik turun akhirnya setelah di timbang timbang saya menjatuhakan pilihan pada traveloka ( bukan Promo)  karena ada paket bundling penerbangan + Hotel , ya kalo di pisah pemesannya malah jatuh lebih mahal . Dengan Rute  Jakarta - Bangkok ( Don Mueang)  dan pulang dengan rute Vietnam (Ho Chi Minh City) -Singapore - Jakarta. sebelum saya memesan tiket ini pastikan semua itenary sudah fix ya walaupun di tengah jalan pasti akan berubah sedikit , tetapi setidaknya bisa di perhitungkan Hari , waktu perjalanan. karena perjalanan sangat panjang 3 Negara coy , semua di urus sendiri tanpa Guide tanpa sponsor benar benar Backpackeran sama orang tua lagi kacau hahaa, terus terang saya gugup karena kalau pergi sama temen kan bisa diskusi dll , ini pergi cuma berdua dan saya harus percaya diri , membuat rasa nyaman , aman, dan memastikan semua baik baik saja.

Thailand

Itenary Day 1.

Perjalanan yang kami tempuh dari Soetta-Don Mueang 3 Jam 45 Menit menggunakan Thai Lion. bisa bayangin dong bahasa nya thailand , pokok nya ikutin aja arah turun Cek Imigrasi dll. setelah selesai pengecekan . saya sempat kebingungan untuk cari jalan keluar setelah berhasil ketemu saya memutuskan untuk naik bus saja dari bandara Plan A. Plan B nya adalah Taksi/Grab. Naik Limo Bus Express No A4 bayarnya THB 50, jam operasional 08-21.00. tidak susah untuk mencari bus nya karena memang setelah pintu keluar ada semacam tempat tunggu bus dengan nomor nomor tertentu termasuk nomor A4 yang akan saya naiki. saya sengaja menginap di kawasan Khaosan Road karena memang tempat nya para backpaker disana . setelah Naik saya bilang sama kondektur nya minta di turunin di khaosan Road, karena takut kelewatan . dan benar saja saya pikir jalan khaosan road jalan Besar ternyata saya turun di jalan utama lupa jalan apa lalu jalan kaki lumayan 10 menitan lah sampai di Penginapan . kami sampai di penginapan kira kira jam 7-8 malam. landing sekitar 17.15 Waktu Bangkok (sama juga padahal sama waktu di indonesia) . Mandi bersih bersih , lalu makan malam di sekitaran Khaosan . dan ternyata Khaosan Road itu mirip Legian Di Bali , Bar di mana mana Club malam dimana mana hahah jadi sepanjang jalan yang dilihat ya seperti itu , tapi unik sih jadiin pengalaman , banyak street food yang enak enak. salah satu nya pad Thai ya itu makanan favorit saya selama disini. dan ada juga makanan EXTREME yang dijual , salah satu nya Buaya , Kalajengking dan teman teman nya, ada yang berani Coba hahaha saya sih engga, jadi cuma numpang photo saja, by the way photo juga bayar .

Photo di depan Daging Buaya
pegang kalajengking, sebenarnya ada banyak binatang extreme tapi engga tau namanya apa aja yang familiar cuma kalajengking.

Setelah makan lihat lihat sebentar lanjut istirahat .

Itenary Day 2:

Hari ke2 di thailand saya akan marathon ke Grand Palace , Wat Pao, Wat arun, dan belanja ke chatuchak Weekend Market. dari penginapan banyak sekali taksi yang ngetem dari pada salah harga saya buka aplikasi Grab ( di Thailand ada Juga Grab tidak perlu install ulang karena aplikasi nya sama dengan di indonesia) cari tujuan Grand Palace , setelah nampak argo nya , saya coba tawar ke taksi conventional dengan harga yang sama dengan aplikasi di Grab malah saya turunin hahaa, setelah deal baru Naik. ternyata tidak jauh hanya 8-10 menitan dari Khaosan Road ,dan setelah sampai ternyata kita kepagian sampai grand palace nya , alias masih tutup grand palace di buka jam 08.30  lalu ikuti arah cari gate nya dan ternyata sudah ada antrian , jadi lumayan antri 1 jam an lah.

Grand Palace

setelah Gate di buka saya pun antri untuk membeli tiket harga tiket nya 500 Bath/orang kalo di indonesia in pada saat itu sekitar 250k/orang lumayan mahal buat backpacker seperti saya berdua sudah setengah juta aja . karena grand palace salah satu tempat suci maka cara berpakaian pun harus rapi dan sopan seperti hal nya Bali, yang pakai sandal jepit dan celana pendek dilarang masuk dan di beri kain untuk yang berpakainya terbuka. Grand palace adalah kompleks bangunan yang berada di jantung kota bangkok , selain menjadi tempat tinggal Raja, Grand Palace juga sebagai tempat pemerintahan.

WAT PAO

Setelah puas kelililing dan mengabadikan moment di grand palace saya melanjutkan ke Wat pao tidak jauh dari Grand Palace hanya jalan 10-15 menitan , jangan lupa tanya tanya ya , kerena biasa nya kita di tawari tuk tuk untuk kesana dengan harga yang mahal jika tidak di tawar. Tiket nya 200 Bath termasuk gratis air Mineral salah satu yang terkenal disini adalah Reclining Budha atau Sleeping Budha nya. termasuk saya padahal udah riset jalan kaki saja tapi ga tau kenapa malah naik tuk tuk dan padahal deket ☹️.

WAT ARUN

selesai dari Wat Pao ( kurang bersemangat untuk foto foto lagi karena hampir sama dengan grand palace) akan pergi ke Wat Arun sebenarnya kurang lebih sama sih cuma karena penasaran saja dan satu jalur juga. kali ini saya jalan kaki dari Wat Pao menuju dermaga , karena harus naik boat . nah hampir di bohongi lagi nih jadi sepanjang jalan itu sebenernya ada sungai dan ada boat boat yang tidak parkir semestinya , saya di tunjukan kesitu dan ditawari dengan harga mahal , padahal dai yang saya baca sebelumnya hany 3 bath saja. ini sampai ratusan bath, feeling saya tidak enak dan akhirnya saya jalan lagi dan sambil googling, ternyata benar yang tadi saya lewati bukan dermaga yang resmi lumayan tanya tanya terus sih masuk masuk gang ( gang yang lumayan besar) dan akhirnya ketemu dermaga yang dimaksud .dan naik boat N8 than tien seharga 4 bath/ orang. sayang saya tidak mengabadikan photo dan kondisi di boat ini, sudah sangat capek . lalu setelah turun masuk melihat seklililing , kurang lebih sama sih dengan grand palace , Wat Pao. tiket masuk nya kalau tidak salah 50 Bath/orang.

setelah berkeliling , terus terang wat pao dan wat arun ini tidak terlalu lama, hanya keliling sebentar , photo , lalu makan. dan kami lanjutkan pergi ke Chatuchak weekend Market. dari wat arun kami naik boat lagi menyebrangi sungai chaopraya dengan membayar 20 bath/org  menuju saphan taksin. lalu naik BTS ( seperti MRT) dengan tujuan BTS Mochit transit Interchange di Siam 44 bath/org tiketnya. Mochit adalah stasiun terahir, dari mochit tinggal jalan aja ke Chatuchak.

Chatuchak Weekend Market

entah kenapa saya kurang tertarik dengan chatuchak ini sperti pasar di Mester atau Asemka, dan saya hanya jajan sosis di pinggir jalan beli rujak jambu ( selama di thailand Jambu jadi jajanan favorit ) , tidka tertraik untuk belanja , karena sebenarnya di khasosan juga sama jadi kurang lebih sama. dan saya pun tidka mengabadikan photo di sini , mama sudah minta pulang terus fyi sesuai dengan namannya Chatuchak Weekend Market ini adanya setiap sabtu dan minggu. dan pulang dengan bis 509 ke penginapan ( khaosan Road).

Itenary Day 3.
FLOATING MARKET

sebenarnya floating market di thailand ini sangat banyak. ada taling can, Amphwa, khlong lat mayom , dan yang paling jauh dan terbesar adalah Damnoen Saduak , sengaja saya paling jauh dan terbesar terlebih ke penasaran sih hehehe , jika kalian malas khlong lat bisa menjadi alternatative karena tidak jauh dari pusat kota bangkok. sengaja berangkat pagi pagi karena perjalanan kurang lebih 2 jam . seperti sebelumnya saya menggunakan taksi dari penginapan menuju Terminal Sai Mai, Terminal ini merupakan pangkalan bus yang menuju kota kota di thailand bagian selatan , seperti damnoean saduak, krabi, phtaya. jadi kita ini akan keluar kota hehe  ,  karena tasksi masuk kedalam jadi yang ada dalam pandangan mata adalah van van dengan berbagai jurusan lalu mencari Van yang arah ke Damnoen Saduak seharga 80 Bath/ orang, sebenarnya saya cari bus no 78 tetapi tidak ketemu dari berbagai sumber yang saya baca sebenarnya tunggu di luar terminal saja , jadi naik yang ada saja, setelah tiket di tangan lumayan menunggu sampai van penuh, menyempatkan cari camilan dan makanan agak berat yang bisa dimakan maklum belum sarapan. perjalanan yang lumayan lama dan saya lebih memilih untuk tidur , dan benar saja van ini berhenti yang konon di damnoen saduak , tetapi hati kecil saya kok tempatnya kecil , dan ternyata benar kita di berhentikan di tempat yang tidak seharusnya , bukan tempat yang besar tapi setelah di telusuri memang ada beberapa tempat tiket tapi yang saya turun bukan tempat yang besar. tetapi ada van lain yang turun juga . setelah turun ada banyak coordinator perahu , bingung juga di kerebutin tapi yang bikin heran kita tidak boleh masuk untulk lihat lihat dulu katanya harus deal dulu ada satu koordiantor yang rese , dia kasih harga selangit jauh dari ekspektasi , karena sebelumnya saya compare harga naik perahu ini, sempat debat dan diusir , gila nih cewek . akhirnya saya bingung masa udah jauh jauh pergi lagi . tidak lama kemudian ada yang menghampiri lagi beda orang setelah tawar menawar deal dengan harga 500 bath/2 orang , jadi buat kalian yang mau kesini hati hati , karena harga nya gado gado , jadi semua coordinator ini semuanya calo kalo diindonesia sih heheh karena setelah deal saya tidak bayar sama dia tetapi di antar ke loket jadi tiketnya ga resmi , karena si boss nya nanya ke calo nya ini kena berapa terus dikasih tiket nya harga nya di tulis pakai pulpen. sebenarnya ga worth it banget , cuma naik perahu di kelilingin liat liat pasar apung terus udah, sebenernya ada macam macam destinasi selain kelililing naik perahu , ada atraksi gajah yang sembur air , dan ada wisata yang saya ingin sekali kesana destinasi kereta lewat di pasar . cuma karena harga nya gila banget sampai ribuan bath seorang .

HUA HIN "THAM KHAO LUANG CAVE"

Tham Khao Luang Cave ini sebenernya tidak ada dalam list , setelah dari Floating Market akan menuju pantai Pataya, tapi setelah di timbang timbang antara jarak dan bolak balik memakan waktu yang lama , akhir nya memutuskan ke tempat ini sama sama berada di bagian selatan Thailand , sama sama jauh juga perjalanan nya kurang lebih 2 jaman bahkan lebih karena ngeteng ngeteng, setelah tanya tanya orang sana sini tidak ada yang tau ( dan yang bisa bahasa inggris juga sedikit) saya di puter sana sani . awalnya tanya mau ke Stasiun ratchburi dari berbgai sumber naik kereta ke Hua Hin dari ratchburi , ternyata susah juga . sambil jalan lagi tanya tanya kebetulan ada toko klontong saya beli minuman dan tanya lagi dan yang jaga toko nya pun bingung karena saya tanya tanya angkutan yang bisa di naiki ke stasiun ratchburi,  lalu dia panggil istrinya dan menjelaskan , bapak dan ibu nya baik banget menyetopkan mobil seperti angkot pedesaan dan bilang ke supir nya minta tolong di berhentikan di ratchburri , lalu minta di carikan Van yang menuju Hua Hin. perjalanan lumayan lama sekitar 20-30 menitan , lalu setelah yang lain turun tinggal kami berdua dalam hati ini mau di bawa kemana , saya yakin angkotnya sengaja menuju ketempat yang kami mau , lalu di berhentikan di tempat yang saya tidak tahu heheh lalu di carikan Van yang menuju Hua Hin, alhamdulilah di ketemukan orang baik semua . saya lupa Van nya bayar berapa akhirnya sampai lah di Hua hin Van Berhenti di Plaza/ Mall saya lupa namanya apa ,saya pikir tidak jauh lagi dong dan ternyata oh ternyata kami harus naik mobil ( angkot carteran)  lagi, karena hujan saya memutuskan singgah ke mall untuk makan dan buang air kecil dan ambil uang di ATM. sampai Hua Hin cukup sore jam 5 tidak habis pikir ke bangkok sampai jam berapa . lalu naik lah carteran mobil 100 bath dong karena tidak ada angkutan yang menuju luang cave sekitar 10 menitan sampai, lega akhirnya perjalan panjang yang sangat melelah kan sampai juga, untung masih ada saja yang berkunjung walaupun sudah sore sekali , kami membeli tiket dan keatas masih jauh lagi sumpah perjuangan banget lalu ada angkot lagi yang membawa kami keatas untungnya angkot nya nungguin lagi sampai kami puas di cave nya . lumayan naik turun tangga kami di suguhkan patung budha yang sangat besar di dalam goa , dan di dalamnya ada yang sedang beribadah juga . setelah itu kembali lagi ke bawah ( ketempat awal loket tiket) dan tanya tanya van/ bus yang menuju bangkok , seperti biasa di calo in lagi sama penjual tiket nya , si sopir nya suruh diem . tapi berhubung sudah mau gelap jadi ya mau ga mau , lalu diantar pake angkot ke terminal Van ( bisa di sebut terminal sih walaupun kecil karena berjejer Van Van dan ada loket loket nya. saya menuju loket untuk ke bangkok. jika kalian mau mampir ke Hua Hin sebaiknya menginap semalam , karena perjalanan cukup jauh dari bangkok dan masih banyak wisata yang kamu bisa kunjungi di Hau Hin selain khao luang cave ini , ada santorini nya Hua Hin yang keren ada wisata pantai juga.

Popular posts from this blog