KOTA TUA JAKARTA (OLD TOWN JAKARTA)


 EXPLORE KOTA TUA JAKARTA


salah satu Icon Gedung Tua di simpang lima kota Tua

Ke Jakarta tapi belum mengunjungi Kota Tua adalah suatu kesalahan besar hehehe lebay sih tapi ada bener nya kota yang pada Jaman dahulu dikenal dengan nama BATAVIA ini adalah  sebuah wisata Heritage yang harus dikunjungi selain menambah wawasan sejarah kota tua juga memiliki gedung gedung tempo dulu yang sangat unik dan juga jalan jalan yang tidak akan membuat kantong kering, berikut adalah beberpa tempat yang bisa di kunjungi ketika berada di kota Tua, bebrerapa photo yang saya ambil adalah pada waktu yang berbeda- beda. 

MUSEUM FATAHILLAH

diambil subuh subuh pagi buta

Seorang pengunjung sedang berphoto dengan salah satu seniman Jalanan di Kota Tua , jadi ada beberapa seniman yang sengaja memakai kostum macam macam dan pengunjung dapat 

nampak seorang wisatawan membeli kacang rebus



CAFE BATAVIA

cafe batavia ini terletak menghadap ke depan museum kota tua terlihat cantik ketika difoto pada malam hari dengan cahaya lampu yang terang dan jendela jendela yang dibiarkan terbuka sehingga nampak pemandangan dari dalam .



MUSEUM BANK INDONESIA

Di Museum Bank Indonesia ini kalian dapat melihat perjalanan sejarah perbankan di indonesia , jadi selain jalan jalan kalian akan mendapat kan ilmu baru dan sejarah nya untuk Gedung nya sendiri sangat Khas bergaya kolonial Belanda , Museum ini juga di buka setiap harinya untuk biaya masuk nya sendiri sangat terjangkau .


Nampak pada bagian depan Museum BANK INDONESIA , sengaja saya ambil dari sudut pandang  yang berbeda dari sudut pandang saya dengan foreground Gerobak Es Lilin 

foto ini diambil di belakang museum bank indonesia (minggu,21/9/14-dian)

          

Ini adalah saya ketika memotret bagian bagian sudut Museum ini


KOTA POST OFFICE & ART GALERRY


MUSEUM WAYANG

Pada kesempatan kali ini saya tidak masuk ke museum wayang karena sudah tutup jadi yang saya photo adalah hanya gedung nampak depan dan kebetulan sedang ada burung merpati yang tepat terbang didepan gedung , untuk memasuki museum ini cukup lah murah hanya dengan 5 ribu rupiah saja.

STASIUN JAKARTA KOTA

Stasiun Kota atau biasa di kenal dengan sebuatan BEOS , selain sebagai stasiun dan tempat berhenti dan naik nya kereta (alat transportasi) menurut saya stasiun kota memiliki gedung yang sangat khas Tempo Dulu   sangat kental dengan Budaya nya sengaja saya ambil photo nya dengan suut pandang saya , jadi saya ambil ketika malam hari dengan menggunakan Tehnik long Exposure.


KALI BESAR KOTA TUA

Di kota Tua terdapat Kali atau Sungai yang lumayan besar tepat ada di bagian belakang museum Fatahillah  , pada tahun 2018 revatilasi ini diresmikan oleh wagub Jakarta Sandiaga Uno. photo berikut ini adalah diambil di waktu yang berbeda .

Wajah baru Kali Besar setelah di revetalisasi
Serasa Jalan Jalan Di eropa ya
Photo ini saya ambil sebelum di revatilisasi pada jaman Gubernur Fauzi Bowo.
foto ini diambil area belakang museum kota tua, tampak sekali tidak terawat memang namun terlihat indah ketika ada lampu yang menyinarinya (sabtu, 23/9/14-dian)


TOKO MERAH

Ketika kalian melintasi Jl. Kali Besar Barat tepat nya no 11 ya disanalah bangunan Merah Mencolok Terlihat "TOKO MERAH"  yang jika dilihat nampak bangunan Peninggalan kolonial Belanda. saya tidak tahu pasti bangunan itu sekarang digunakan untuk apa , tapi setiap weekend pasti ada saja yang berfoto disini, kalian jangan melewatkan berphoto  juga ya jika mampir kesini.




JEMBATAN INTAN


saya membaca dari berbagai sumber Jembatan ini dibangun pada tahun 1628 , sudah tua di bangun oleh penjajah inggris dan pada tahun 1630 dibangun kemabli oleh VOC Belanda karena jembatan pernah rusak karena penyerangan Pasukan Banten dan Mataram. Jembatan ini warna nya Merah dan di bawah nya ada air yang keruh . Jembatan ini juga sering dijadikan tempat Prewedding .









Comments

Popular posts from this blog

( part thailand) Backpackeran 3 Negara Thailand , Kamboja , Vietnam (Part Thailand)

BERBURU SUNSET DAN AIR MANCUR MENARI DI LAPANGAN BANTENG

( Part Kamboja) Backpackeran 3 Negara Thailand , Kamboja , Vietnam