LOST IN BELITUNG

PULAU BELITUNG 



  

Seakan Tidak akan habisnya ketika menceritakan tentang keindahan kepulaun di Indonesia, Pada kesempatan ini saya akan menunjukan betapa indah nya P Belitung, iya P Belitung mungkin kalian ada yang pernah menonton film atau membaca buku "LASKAR PELANGI" Karya Andrea Hirata yang sebagian isi ceritanya menceritakan tanah Belitong/ Belitung.
Belitung, atau Belitong (bahasa setempat, diambil dari nama sejenis siput Laut), dulunya dikenal sebagai Billiton adalah sebuah pulau  di lepas pantai timur Sumatera. diapit oleh  Selat Gaspar dan  Selat Karimata .Pulau ini terkenal dengan lada putih yang dalam bahasa setempat disebut sahang, dan bahan tambang tipe galian-C seperti timah putih (Stannuum), pasir kuarsa, tanah liat putih (kaolin), dan granit. Kota utamanya adalah Tanjung Pandan yang sekarang menjadi ibukota nya. (Sumber Wiki).
Banyak Tempat yang bisa kita kunjungi di P Belitung karena sebuah kepulaun jadi wisata yang ditawarkan kebanyakan Lautnya. Belitung sendiri di bagi menjadi Barat Dan Timur .Sampai di Bandara Hanandjoeddin Tanjung Pandan ,Belitung kira Kira pukul 8.30 Waktu Setempat. Dari Bandara kami di jemput oleh penjaga Home Stay kami menginap ( jadi sebelumnya sudah kontak kontakan minta dijemput dari bandara menuju penginapan), tapi walaupun kami dijemput kami tidak menyewa jasa guide atau EO apapun itu, kami adalah Backpacker yang akan mengelilingi  tanah belitung dengan Peta dan google Map hehehe, karena pada dasarnya kami tidak suka diatur, jika  dengan EO semua sudah terjadwal dan di atur.Lets lost together!!!!!

Touch Down di Belitung tidak ada salah nya kalian berswaphoto disini sebelum memulai explore belitung.
Bandara Hanandjoeddin Tanjung Pandan, Foto ini diambil ketika kami pulang pada waktu sore.

SARAPAN PAGI DI  MIE BELITUNG "ATEP" YANG LEGENDARIS

Setelah  Beres Beres Tas  dan Mandi kami  Memutuskan Untuk mencicipi Kuliner Khas Belitung , yaitu Mie Belitung ATEP yang sangat Terkenal konon banyak dikunjungi artis sampai presiden RI, tidak begitu jauh dari penginapan kami karena memang masih disekitaran Kota Tanjung Pandan. Rasa Dari Mie ini sendiri Manis terbuat dari kaldu Udang , lalu di kasih irisan timun, kentang, bakwan , tauge , tahu udang dan di taburi Emping. 100 % Halal ya guys tidak usah khawatir walaupun yang jual orang China.



P. LENGKUAS

Mercusuar Berdiri Gagah di pantai
Pulau Lengkuas adalah salah satu primadona Kep Bangka Belitung. Pulau ini merupakan satu dari ratusan pulau yang mengelilingi  P Belitung. Daya tarik utama di pulau ini adalah sebuah Mercusuar tua yang dibangun oleh pemerintah Kolonial Belanda pada tahun 1882. Hingga saat ini, mercusuar tersebut masih berfungsi dengan baik sebagai penuntun lalu lintas kapal yang melewati atau keluar masuk Pulau Belitung. (Sumber Wiki)

P Lengkuas dapat dicapai dengan menyewa perahu nelayan dari beberapa tempat, yaitu Tanjung Kelayang, Tanjung Binga, atau Tanjung Tinggi. Namun saya lewat Tanjung Kelayang .Waktu tempuh berperahu dari Tanjung Kelayang ke Pulau Lengkuas memakan waktu sekira 20-30 menit. Harga Sewa Kapal pada waktu itu 300-400K/ Perkapal.


Photo ini diambil dari atas mercusuar dan sangat indah sekali dilihat dari atas.

P. Batu Garuda Batu ini membentuk seperti Garuda ya.


BELITUNG TIMUR

Ada banyak tempat yang dapat kita kunjungi di Belitung bagian Timur ini salah satu yang terkenal Adalah Replika Sekolah Laskar Pelangi , untuk menuju tempat ini dari kota tanjung pandan sangat lah jauh kami menyewa sepeda motor dari penginapan, kurang lebih 2-3 jam an. 

REPLIKA SEKOLAH LASKAR PELANGI

Siapa yang sudah nonton film Laskar Pelangi , pasti tidak asing lagi kan dengan tempat ini , iya benar ini adalah salah satu tempat syuting film laskar pelangi ini adalah replikanya SD Muhammadiyah Manggar .


Foto bersama anak anak manggar mereka seperti sudah biasa dengan keberadaan pengunjung tidak ada takut atau risih bahkan mereka welcome sekali untuk dijak berphoto.

 

KAMPUNG  AHOK


Saya tidak tahu persis kapan kampung ini dijadikan tempat wisata apakah setelah ahok jadi wakil gubernur Jakarta tapi yang pasti ini adalah tanah kelahiran pak ahok tepat nya di manggar Belitung Timur, disini ada rumah kediaman pak ahok juga tapi yang saya kunjungi adalah salah satu rumah yang sengaja dijadikan tempat wisata  dan ada beberapa kerajinan dan aksesoris khas manggar yang di perjual belikan.


Nampak Depan dengan Tulisan Kampung AHOK




Nampak Dari Dalam dengan khas rumah Adat Belitung terlihat jelas aksesoris yang dijual mulai dari kaos yang bergambar AHOK dan kerajinan lainnya.
Gorenganya Belitung Harganya 2000/pcs (2016), iseng aja sih moto gorengan ini adalah warung yang tidak jauh dari kampung AHOK , istirahat sejenak sambil jajan gorengan , kali aja rasa nya beda sama di jawa.



MUSEUM KATA ANDREA HIRATA

Andrea Hirata adalah salah satu penulis buku Best Seller Laskar Pelangi , Beliau adalah Putra Asli Belitung yang bisa dibilang Belitung terkenal lewat Tulisan Beliau dan Juga Karena FIlm nya. Museum andrea Hirata Tidak jauh Jaraknya dari Kampung Ahok ataupun Sekolah Replika laskar Pelangi, dari namanya saja museum Kata Jadi Isinya tidak Jauh Jauh mengenai Pendidikan dan Sastra. bisa dibilang Semua Gedung ini Full Colour .                
Kupi Kuli salah satu kopi Khas Manggar Belitung Timur ini cafe nya ada persis di dekat Museum Andrea Hirata, untuk Kalian Pecinta Kopi Wajib Mencicipi kopi manggar, Desain nya Unik ya.

PANTAI

Karena Belitung adalah kepulauan tentunya banyak sekali pantai yang dapat dikunjungi , berikut adalah beberapa pantai yang ada di Belitung Timur.

Bukit Batu Belitung


                 


Pantai Burung Mandi






PANTAI BUKIT BERAHU

Pantai Bukit Perahu juga harus kalian masukan dalam list ketika mengunjungi belitung, suasannya sepi dan sangat cozy sih karena memang ada cafe dan pohon dimana mana jadi sejuk dan juga ada penginapan dan resort juga .

Foto ini saya ambil dari atas cafe, dibawah nya ada kolam renang yang menghadap laut.

kebetulan waktu saya kesini hanya ada 2 bule jadi memang sepi sekali.
pantai nya ada dibawah jadi kita harus menuruni beberapa anak tangga.
ini adalah beberapa villa yang menghadap tepat dilaut.

PANTAI TANJUNG TINGGI

Pantai tanjung tinggi juga adalah salah satu SPOT tempat syuting laskar pelangi Juga, terdapat banyak bebatuan yang besar dan tinggi yang menjadi ciri khas dari pantai ini.

tidak sengaja nih ketemu sama artis hahahh drummer dari PAS BAND ada yang kenal ga.


KUIL DEWI KWAN IM

Vihara ini konon vihara tertua di Belitung ,ketika memasuki kawasan vihara ini pertama kali yang saya rasakan adalah suasana yang sangat sejuk , dan sepi hanya beberapa orang yang terlihat menyapu halaman, tidak ada wisatawan yang datang kecuali kami.saya hanya ambil beberapa photo di depan nya saja tidak masuk karena memang sudah sore  dan  perjalanan yang sangat jauh menuju tanjung Pandan juga sangat lelah jadi memutuskan untu segera pulang . 

DANAU KAOLIN

Danau Kaolin adalah singgahan terakhir dari trip ini karena jarak nya yang sangat dekat dari penginapan kami, jadi diputuskan untuk hari terakhir saja berkunjung kesini , Danau kaolin ini sebenarnya adalah bekas galian tambang namun terlihat sangat indah dengan warna air nya yang biru, jika kalian kesana harus berhati hati sangat tidak sarankan untuk turun apalagi berendam , karena mudah sekali longsor. 


 




Sebenarnya masih ingin lama menikmati danau kaolin ini , tapi karena pesawat sudah menunggu jadi ini adalah persinggahan terakhir.





THANK YOU






Comments

Popular posts from this blog

( part thailand) Backpackeran 3 Negara Thailand , Kamboja , Vietnam (Part Thailand)

BERBURU SUNSET DAN AIR MANCUR MENARI DI LAPANGAN BANTENG

( Part Kamboja) Backpackeran 3 Negara Thailand , Kamboja , Vietnam