TAHUN BARUAN DI SINGAPORE


SINGAPORE


Hai saya akan  cerita dan share pengalaman selama  4 hari 3 malam di Singapore, yup Singapore adalah Negara ke 2 yang saya  ingin sekali kunjungi setelah mekah tentunya , itu mimpi saya waktu kecil dan alhamadulilah atas izin Allah SWT bisa mewujudkan 2 mimpi itu ketika dewasa. Ini ke 2 kali nya ke Singapore bukan karena pengen ngehamburin uang atau belanja heheheh tapi karena ada beberapa tempat yang belum sempat dikunjungi dan belum dapat photo yang  bagus . ini sebenar nya perjalanan  yang ter pending dari 3 tahun yang lalu , karena memang pengen banget moto pas moment Chiness New Year tapi gagal terus alhamdulilah 2019 bisa kesini. Menurut berbagai sumber yang saya baca Singapore itu adalah Negara kecil yang dengan total area hanya  682,7 kilometer persegi, namun karena letak nya singapura mempunyai peranan penting  dalam perdagangan dunia, Pelabuhan Singapura adalah salah satu dari lima pelabuhan tersibuk di dunia.

WELCOME TO CHANGI AIRPORT

Changi airport adalah salah satu bandara terbesar  dan terbaik didunia , karena sudah lelah dan ingin cepat sampai ke penginapan saya tidak mereview  Bandara ini , tidak perlu di ragukan lagi mengenai isi dari bandara Changi kalian bisa menemukan Berbagai Foodcourt , restoran, market place taman dll. karena sudah mengisi form di atas pesawat jadi saya hanya perlu mengantre di imigrasi . dan selalu penuh setiap baris antrian ini membuktikan bahwa antusias para Travel untuk berkunjung ke Negara ini. saya langsung membeli EZ Card kartu transportasi yang akan saya gunakan selama disini, dan mengambil beberapa Brosur dan MAP yang ada disana.

 TRANSPORTASI

Selama di singapura saya lebih memilih transportasi Mass rapid Transportation atau lebih dikenal dengan MRT, yup karena menurut saya cost nya lebih murah dan lebih mudah dibanding yang lain , walaupun ada bus atau taxi . oia disana ada GOJEK loh saya sempat Mau Naik Gojek Car ( bisa menggunakan aplikasi yang sudah ter install dari Indonesia) Cuma karena menurut saya lumayan mahal jadinya tidak jadi hehehe.

Naik MRT harus punya kartu untuk sistem pembayaranya ( untuk di Tap kan ke system) , kalian bisa membeli kartu tersebut di Bandara Changi namanya EZ link bisa dengan mudah di temui , atau kalian kalau bingung bisa Tanya Tanya ke petugas yang ada disekitar situ , jika bahasa inggris nya tidak bisa atau pas pas an tidak usah ragu bicara dengan bahasa melayu rata rata petugas nya bisa kok . kurang lebih harganya $10 Dollar Singapore dengan balance $5 , jika habis bisa isi ulang sendiri di mesin , ada disetiap MRT .

Menurut saya Sistem Transportasi di Singapore sangat Mudah terutama MRT kalian hanya perlu memperhatikan Line Nya Saja , karena ada line yang untuk Transit, dan dengan membaca MAP nya Pun sangart Mudah, dan tidak akan kesasar seandainya kesasar pun paling disitu situ Saja , jangan Malu untuk Bertanya ya jika memang dirasa membingungkan , atau jika kalian berencana bepergian ke singapore tanpa menggunakan Travel Guide kalian bisa membaca Blog Blog sebagai Bahan Refrensi dan gambaran agar tidak terlalau bingung dan kaget hehhehe. Berikut beberapa pilihan tempat yang saya kunjungi dan Review.


MERLION PARK & MARINA BAY

Merlion atau patung singa yang menghadap ke Gedung Iconic yang seperti kapal (marina bay) .
Merlion Park atau Patung Singa adalah Trade Mark dari negara di Singapore , katanya sih belum ke singapore kalau belum photo disini heheh. patung singapore yang sangat iConic ini berbentuk Kepala Singa dan Badan Ikan, konon sih ada sejarah nya , kalian bisa check di Google aja kenapa Begitu Hehehe. untuk Menuju kesini Bisa Naik Transportasi apapun dari penginapan kalian , karena kebetulan saya Menggunakan transportasi MRT jadi saya turun di  Raffless Place, dan Jalan Kaki Kesana . sebenarnya dari Merlion juga banyak tempat yang bisa dikunjungi dengan Jalan Kaki bisa ke museum , ke esplanade, sekitar garden bay, supertree grove , jembatan spiral taman , River. hampir semua tempat yang saya kunjungi tertata dengan Apik mulai dari gedung taman tatanan kota nya sangat indah , rapih dan bersih .

Bersama Mama , menemani dan memperkenalkan negara singapore biar bisa sama sama melihat dunia Luar Heheh.
katanya belum ke singapore nih klo belum disini heheh



SINGAPORE BOTANIC GARDEN


Singapore Botanic Garden salah satu pilihan yang saya pilih juga karena ibu saya sangat menyukai tanaman dan bunga . botanic garden singapore Juga adalah salah satu warisan yang di sah kan oleh UNESCO , saya tidak tahu persis Luas nya katanya sih sekitar 64 Hektare yang pasti ini sangat luas seperti kebun Raya dan untuk masuk kesini bisa merogoh kocek $5 , kalian bisa turun di MRT Botanic Garden ya . dan langsung ketemu dengan pintu utama karena lumayan sangat dekat dari pintu keluar MRT nya.



Botanic Garden sangat Cocok Sebagai wisata Keluarga seperti hutan Mini sih menurut saya ,hutan tengah dikota , udara nya sangat Sejuk walaupun capek dan lelah berkeringat tetapi tetap terasa segar. Jika ingin Rehat Juga ada bangku bangku dan bisa selonjoran di taman nya juga , ada Restoran juga jika ingin makan atau minum.





CHINA TOWN


China town adalah pilihan tempat saya menginap , karena  memang saya memilih moment chines new year untuk berkunjung  jadi akan lebih berasa jika menginap disini , selain terkenal dengan kuliner malam nya ternyata china town sendiri memliki Heritage Sites yaitu China town heritage Centre, sayang sekali karena keterbatasan waktu saya tidak sempat untuk mampir. bagi kalian yang beragama muslim di china town juga ada masjid loh namanya masjid Jamie Chulia. sebenarnya saya ingin sekali menikmati kuliner china town , hanya saja ibu saya melarang  hehehe, jadi ya makanya cari yang aman aman saja di Fastfood MCD & KFC ga jauh jauh dari itu.



BUGIS STREET

Bugis Street wajib dijadikan Pilihan jika kalian berkunjung ke singapura, dari namanya seperti tidak asing ya "BUGIS" seperti nama suku di sulawesi Selatan , iya benar menurut berbagai sumber yang saya baca jaman dahulu orang sulawesi pergi ke singapore ketika dalam penjajahan belanda, kalian bisa cari sendiri di google ya untuk detail sejarahnya. pemerintah singapore sangat kreative dalam memajukan Negara/Kota nya sehingga banyak wisatawan yang berkunjung ke Bugis ,  Arab Street, kampong glam. di sepanjang jalan nya banyak sekali mural mural yang bisa ditemui  sangat menarik untuk dijadikan objek Foto Foto nih.  




mural mural di sepanjang bugis street

MASJID SULTAN

masih di kawasan Bugis, arab street disini ada masjid yang berdiri gagah dan megah selain ingin berfoto di mural mural yang tadi ,masjid sultan ini tujuan utama saya datang ke Bugis . shoenang sekali rasanya  bisa menemukan masjid ketika sedang travelling. sebelum sholat duhur s& ashar di sini saya merekomendasikan tempat makan yang sangat bersahabat ( murah ) dan Halal tentunya dan porsinya ajib banyak banget harganya pun sangat murah dari semua tempat disingapura yang saya kunjungi. nama restoranya singapore zam zam. 

Menu yang saya pilih adalah briyani Ayam , dan ini porsi nya gilak sihh banyak banget ayam nya pun porsi besar dan es kopi dengan gelas ukuran besar total tidak sampai 5 dolar , gokil sih .

LITTLE INDIA


Disingapura sendiri terdiri berabagai etnis melayu, china , india, nah kalo yang tadi kita dibugis street yang kental dengan budaya melayu, sekarang kita pergi ke suatu kawasan di Little India , namanya juga little india jadi ya hampir semua orang orang nya ya orang india hehehh, suasana India sudah sangat kental ketika turun di MRT Little india , mulai dari poster artis India dan segala yang berbau india.
 


 MASJID AL GOFOOR 

senang rasanya bisa nemuin masjid di sini , terus teramg awal nya liitle india tidak saya masukan kedalam list , berhubung akan berbelanja di Mustafa Centre , yang tidak jauh juga dari liitle india jadi tidak ada salahnya mampir iya kan. setelah puas berbelanja di mustafa iseng searching cari masjid  dan ternyata ada masjid yang sebagus gini dikawasan little india.


CLARKE QUAY

nah ini dia Clarke Quay berharap banyak sih dari tempat ini karena dari berbagai sumber tempat ini tuh bagus banget buat hunting photo ketika malam . karena dari sore sudah hujan deras jadi gagal deh, fyi Clarke Quay sendiri sepanjang jalanya di kelilingi dengan gedung gedung yang berwarna warni , dan di sepanjang itu juga ada sungai yang terdapat boat boat yang bisa di sewa (seperti tempat makan dalam boat) seseolah kalian berada di venice hehehe, dan untuk kalian yang suka dengan Dunia malam disini juga banyak terdapat Club malam. 

WISATA BELANJA HIGH CLASS


Untuk kamu yang tergolong High Class heheh kamu wajib menyempatkan datang ke Orchard Road ya inilah Surganya  belanja barang Mewah.kamu bisa mendapatkan merk merk terkenal dunia katanya sih kalo beli di singapor lebih miring di banding di indonesia, saya tidak beli sih hanya lihat lihat saja heheh.





KELILING SENTOSA ISLAND


ada banyak wisata yang kalian bisa kunjungi di sentosa ini  universal studio, iFly, Maddame tussaud , patung Merlion , pantai siloso dan Pilawan, kidzaniadll kalian tinggal pilih saja . untuk menuju kesini memang agak rumit bagi yang  pertama kali. kalian bisa turun  di MRT Harbour Front lalu akan  ke lantai 3 mall vivo city dan naik Sentosa Express ( monorail) . ada 4 stasiun, stasiun sentosa, water front ,Imbiah ,  Beach.

  1.  SENTOSA  ( di stasiun Vivo City , tempat kita naik)     
  2.  Water Front turun disini untuk Tujuan ke Universal Studio , SEA    Aquarium, Trick   Eye, Crane dance.                                                                                
  3.  Imbiah turun disini untuk TujuanMaddame Tussaud, Merlion, 4D    adventure        Land, cable Car.   
  4.  Stasiun Beach  turun disini untuk Tujuan Siloso Beach , palawan   Beach, i  FLy.

UNIVERSAL STUDIO 

Wisata Universal Studio memang cukup merogoh kocek dalam bagi saya , jadi pilihan kamu saja mau masuk ke wahana nya atau tidak untuk bisa berfoto di Bola Dunia ini gratis heheh lumyan effort juga agar bisa presisi tulisan universal nya pas, karena bola nya muter . untuk full masuk wahana universal ini kalian bisa merogoh 150 dollar singapura, tapi saya pilih partial saja , maddam tussaud dan 4D sya lupa berapa bayar per orang nya yang pasti tidak sampe 100 dolar per orang.

            
Tidak kalah besar nih merlion nya , jadi di sentosa ini ada juga patung merlion bedanya tidak ada air yang keluar dari mulut nya .
        


MADDAME TUSSAUD 

Maddam Tussaud sendiri adalah nama dari Pendiri nya orang yang membuat patung lilin , sebenarnya maddam tussaud tidak hanya di singapore saja di negara lain pun ada seperti di Bangkok . Patung Lilin tokoh tokoh terkenal di dunia , tingkat kemiripan nya hampir sama dengan Aslinya . ada banyak tokoh tokoh terkenal dunia yang di pamerkan disini , termasuk Presiden kita Presiden Soekarno dan Presiden Jokowi.


       
  
Sebenarnya masih banyak tempat yang tidak sempat kami kunjungi karena waktu yang singkat dan ada tempat yang kebetulan sedang di renovasi. itulah beberapa list yang saya kunjungi di singapore semoga bisa bermanfaat dan dijadikan refrensi buat kamu.
please visit my instagram account for more photos www.instagram.com/dayendian288 

Comments

Popular posts from this blog

( part thailand) Backpackeran 3 Negara Thailand , Kamboja , Vietnam (Part Thailand)

BERBURU SUNSET DAN AIR MANCUR MENARI DI LAPANGAN BANTENG

( Part Kamboja) Backpackeran 3 Negara Thailand , Kamboja , Vietnam