ALHAMDULILAH DREAM COME TRUE GOES TO UMRAH


FIRST UMRAH PENUH HARU


di depan Zam Zam Tower


Saya tidak pernah menyangka akan brangkat secepat ini terus  terang tidak ada persiapan , dikabari oleh mama  kurang lebih satu setengah bulan sebelum hari H , saya memang tahu mama saya akan pergi umrah dengan rombongan travel , tetapi tidak tahu jika saya juga ikut untuk menemani beliau ( kebetulan yang seharusnya pergi adalah ayah saya tetapi karena sudah dipanggil oleh Allah SWT terlebih dahulu)  salah satu surprise dan qodar dari Allah, yang perlu di persiapkan adalah Niat , hati yang ikhlas, pastinya tetapi yang lebih ribet lagi saya harus mempersiapkan baju baju dan perlengkapan lainnya , satu setengah bulan di sibukan dengan bolak balik Bandung Jakarta untuk mempersiapkan dokumen dan manasik , kebetulan Travel Umrah kami berada di kota Bandung. dan bolak balik ke tanah abang membeli keperluan baju gamis , Mukena , krudung dll . maklum karena pengalaman pertama jadi semuanya serba panik, sampai cari refrensi di chanel youtube apa saja yang perlu dibawa, dan persiapan apa saja yang harus di lengkapi. tidak lupa untuk Vaksin ya , saya melakukan vaksin di Jakarta. dan mama di bandung . singkat cerita H-2 mama berangkat ke Jakarta tidak ikut rombongan (janjian di Bandara Soekarno Hatta) ,  kami tinggal di Hotel Ibis yang tidak Jauh dari Bandara.

Pada Tanggal 15 Oktober 2018 adalah hari dimana kami akan berangkat menuju Mekkah. dari Bandara Soetta , Rombongan Travel sudah standby dan kami pun bergabung dengan Jamaah, breefing dan berdoa Bersama . setelah chek in  menunggu beberapa lama kami pun masuk ke dalam pesawat , kami mengunakan pesawat Etihad Airways , Pesawat dari  Uni Emirat Arab.


di Pesawat Etihad dengan fullservice


setelah duduk dipesawat ada Rasa yang berbeda Haru , Senang , Tegang , padahal belum liat Ka'bah , tapi bahagia ini campur aduk rasanya . fasilitas nya sangat memuaskan  tidak pernah berhenti dikasih makanan sama snack hehehe . setelah kurang lebih 8 Jam kami tiba di Abu Dhabi untuk Transit , kurang lebih transit 3 jam an. di sana saya melihat lalu lalang orang sangat sibuk bandaranya sangat besar mungkin orang orang memang banyak yang transit atau memang tujuannya ke Dubai . di Abu dhabi pukul 02.00 dini hari dan nampak semua jamaah sudah mulai Lelah dan masih ngantuk , kebanyakan dari kita memang melanjutkan tidur di  kursi tunggu. saya menyempatkan berswafoto di bandara Abu Dhabi. Walaupun tidak ke Jalan Jalan Ke Dubai tetapi sudah menginjakan Kaki di Abu Dhabi hehehe Lumayan semoga Qodar Allah bisa membawa saya kembali ke Abu Dhabi dan travelling ke Dubai Amiin.



transit di Bandara Internasional Abu Dhabi
Setelah Menunggu akhirnya kami pun masuk ke pesawat lagi menuju Jeddah, sampailah di bandara internasional King Abdul Aziz kami persiapan Naik Bis yang sudah di Sediakan oleh Travel untuk Menuju Madinah , memang kita tidak langsung ibadah Umrah tetapi ke Madinah terlebih dahulu.

MADINAH

Sesampai nya di Madinah Langsung berkumpul di Lobby dan di bagikan Kunci Masing Masing , kebetulan ketika di indonesia sudah di buat Kelompok Kamar , dan ketua kelompok kamar yang bertanggung jawab untuk kunci nya. 1 kamar ada 4 orang . setelah bersih bersih berkumpul untuk Makan lalu melaksanakan Sholat di Masjid Nabawi , dengan Berjalan Kurang Lebih 5 menit dari Hotel.


Masjid  Nabawi


Dalam Berbagai Hadist Shahih keutamaan Sholat di Masjib Nabawi:




Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda,
صَلاَةٌ فِى مَسْجِدِى هَذَا خَيْرٌ مِنْ أَلْفِ صَلاَةٍ فِيمَا سِوَاهُ إِلاَّ الْمَسْجِدَ الْحَرَامَ
“Shalat di masjidku (Masjid Nabawi) lebih baik dari 1000 shalat di masjid lainnya selain Masjidil Harom.” (HR. Bukhari no. 1190 dan Muslim no. 1394, dari Abu Hurairah)
Dalam riwayat lain, Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda,
صَلاَةٌ فِى مَسْجِدِى أَفْضَلُ مِنْ أَلْفِ صَلاَةٍ فِيمَا سِوَاهُ إِلاَّ الْمَسْجِدَ الْحَرَامَ وَصَلاَةٌ فِى الْمَسْجِدِ الْحَرَامِ أَفْضَلُ مِنْ مِائَةِ أَلْفِ صَلاَةٍ فِيمَا سِوَاهُ
“Shalat di masjidku (Masjid Nabawi) lebih utama daripada 1000 shalat di masjid lainnya selain Masjidil Harom. Shalat di Masjidil Harom lebih utama daripada 100.000 shalat di masjid lainnya.” (HR. Ahmad dan Ibnu Majah no. 1406, dari Jabir bin ‘Abdillah. Syaikh Al Albani mengatakan bahwa hadits ini shahih. Lihat Shahih At Targhib wa At Tarhib no. 1173)
SUMBER:
Jadi Amat Sangat rugi jika kita melewatkan sholat di Masjid ini, apalagi melewatkan Sholat jamaah nya , jadi di usahakan walaupun Lelah tetap harus dibangkitkan Semangat Ibadah nya karena mengejar Pahala yang sangat Luar Biasa.
Setelah Sholat Subuh di Masjid Nabawi

Salah satu Museum di Pelataran Masjid Nabawi


Di Sekitaran Komplek Nabawi ini sangat Luas ada juga mall loh Namanya Bin Dawood photo nya kalian bisa Search sendiri di google ya kebetulan saya tidak sempat photo , karena memang tidak ada gairah buat belanja lihat lihat sekitar saja, oh iya di sekitaran Madinah juga banya toko toko lengkap mulai dari kurma dan oleh oleh lainya  Abaya , baju koko, sajadah dan aksesoris jadi tidak akan bosan . dan juga banyak spot yang bagus buat Photo karena saya menemani Mama jadi saya tidak tega mengajak beliau untuk pergi dan jalan Jauh , jadi hanya photo ditempat yang kami lewati saja .



ada banyak burung burung dara tidak kelewatan untuk berswafoto, 
dan dengan salah satu anak asli Madinah heheh.



JABAL UHUD

Ziarah Jabal uhud atau Gunung Uhud Di lokasi ini juga terdapat Makam Syuhada Uhud.Tempat ini merupakan pemakaman bagi 70 sahabat Nabi Muhammad yang gugur pada Pertempuran Uhud.


Photo Bersama dengan Jamaah Travel dan dibelakang nya itu adalah pemakaman syuhada yang yang wafat pada perang UHUD.


Dan Lagi banyak sekali yang berjualan di Jabal Uhud ini salah satu nya penjual Kurma dan Kismis, macam macam Jenis Kurma kalian bisa dapat kan , jangan kuatir dengan bahasa sudah pasti abang nya fasih berbahasa indonesia , dan kalian tidak perlu kuatir jika kehabisan uang Real , di sini juga menerima uang rupiah loh. karena sebagian besar Jamaah Umrah atau Haji adalah Warga Negara Indonesia , jadi mereka pun belajar Bahasa Indonesia, salah strategi Marketing juga .





cicip sepuasnya hehehe walaupun cicip cicip tetep beli banyak .









MASJID QUBA

Dalam sejarahnya, Masjid Quba adalah lokasi peribadatan Umat Islam yang pertama dibangun Rasulullah SAW, saat hijrahke Madinah.
Tahun 1 Hijriyah atau 622 Masehi. (berbagai Sumber). dan di sunahkan untuk Sholat 2 Rakaat di masjid ini karena pahalanya seperti pahala Umrah.








JALAN JALAN DI KOTA JEDDAH

sebelum  ke Bandara King Abdul Aziz kami di ajak jalan jalan ke sekitar Kota Jeddah , untuk membeli oleh oleh di sekitaran AL Balad , saya hanya belanja secukup nya karena sudah banyak belanja di Madinah, jadi hanya lihat lihat saja dan membeli sebuah Gelang saja hehhe, namanya Toko AL Murah ketika sampai langsung di sambut oleh karyawan sangat Fasih berbahasa Indonesia , dan banyak karyawan juga yang berasal dari Indonesia. setelah puas lihat lihat dan Jamaah yang lainnya sibuk berbelanja , kami diberi Waktu Sekitar 1 Jam . dan di samping Toko Al Murah ada warung Bakso yang Jual orang Asli Indonesia , ada gorengan Juga Ada teh PUCUK juga wahhh , seketika membuat kangen terhadap Tanah Air. Sebenar nya selama di Mekkah Dan Madinah kami cukup berlimpah makanan di Bis di hotel makanan selalu ada , jadi tidak berselera untuk Jajan jajan lagi , hanya Icip Icip Saja, terus terang setiap pergi travelling saya lebih suka Explore makanan Khas dari Kota atau negara tersebut dibanding makan makan yang sudah Umum.




 MASJID QISOS


Nampak Depan


Setelah berbelanja kami diajak Wisata Ziarah Masjid Qisos , ya seperti dengan Namanya "Qisos" yang artinya dalam bahasa arab adalah Pembalasan , untuk yang membunuh akan dipancung dan yang mencuri akan di potong Tanganya, serem ya. bisa bayangin kalo Hukum Islam di tereapkan di Indonesia.
Masjid Qisos Di buka untuk umum hanya pada waktu solat saja , jadi pas kami kesini belum ada waktu sholat jadi masih di tutup hanya berphoto di depannya Saja.


JABAL RAHMAH


Jabal Rahmah jika di artikan dalam Harfiah artinya Gunung Yang di Kasihi / disayangi, ya ini adalah tempat bertemunya Nabi Adam Dan Siti Hawa setelah terpisah selama ratusan tahun ( berbagai Sumber). Nabi Adam di turunkan di India dan Siti Hawa di Irak dan bertemu kembali di Jabal Rahmah. Kalian Bisa juga mendaki sampai Tugu (Simbol pertemuan Adam & Hawa) , saya tidak Naik karena sudah lelah hanya berfoto saja dan Jajan sedikit heheh , kita juga disambut oleh penjajak makanan dan baju disana. 


                                   
Jajan Dulu Ice Ceam arab kirain beda rasanya ternyata sama Aja .







HOLY KA'BAH


Mungkin setiap orang berbeda beda cara atau memiliki perasaan yang berbeda ketika pertama kali melihat Ka'bah, begitupula dengan saya rasanya campur aduk dan deg degan sebelum melakukan ritual umrah kami solat berjamaah terlebih dahulu , oh iya sebelum melakukan Ritual umrah/ Haji di Wajibkan mengambil Miqat Terlebih dahulu sebenarnya banyak tempat yang bisa di jadikan Miqat , tapi karena saya dan rombongan dalam perjalanan dari Madinah ke Mekah Maka Tempat ambil Miqat nya di Bir Ali, dan Mekkah juga ada di Yamlamlam.
Sedikit Narsis Sih tapi sebenarnya ini adalah cara penyemangat untuk keluarga kami yang belum bisa umrah dapat disegerakan untuk umrah/haji.
                                   


 photo di depan Zam Zam Tower, ini tempat Wajib untuk berphoto karena salah satu icon masjidil Haram juga heheh. di dalam sana selain Hotel ada mall loh jadi setelah beribadah bisa berbelanja juga , dan makan. 

                    
salah satu iconic Pelataran masjidil Haram.


Photo Dibawah ini saya ambil dari pelataran masjidil Haram .
Lokasinya ada di dekat pintu Gate 91  memang tidak terlalu nampak tapi kalian bisa tanya tanya. karena awalnya saya kesulitan mencari eskalatornya.

Semoga kalian yang membaca Blog ini bisa mengambil manfaat dan disegarakan untuk bisa ke Tanah Suci Aminnnnnnn.














                                             

Comments

Popular posts from this blog

( part thailand) Backpackeran 3 Negara Thailand , Kamboja , Vietnam (Part Thailand)

BERBURU SUNSET DAN AIR MANCUR MENARI DI LAPANGAN BANTENG

( Part Kamboja) Backpackeran 3 Negara Thailand , Kamboja , Vietnam