EXPLORE TANA TORAJA & P. TANJUNG BIRA BULUKUMBA

TANA TORAJA

Jarak Tana Toraja dari makassar kurang lebih 300 km atau di tempuh dengan kendaraan roda empat sekitar 8 -9 Jam , setibanya saya di makassar di jemput oleh driver kenalan teman saya  ,  saya danJeni masih menunggu 3 teman lainya karena beda pesawat . akhirnya dari pada menunggu di bandara dan sudah lapar juga kami  di antar oleh Driver untuk  makan  makanan khas  makassar yang tidak jauh dari bandara, . setelah berkumpul semua packing barang lalu lanjut menuju Tana Toraja .

Welcome Makassar , Bandara Sultan hasanudin pada sore hari sekitar pukul 4.

Bandara Sultan hasanudin pada sore hari sekitar pukul 6 lebih.

LOLAI

Sesampai nya di Toraja kami tidak langsung ke penginapan ( karena baru sampai Subuh )  dan chek in sekitar Jam 1-2 an , kami menghabiskan waktu untuk menyinggahi Lolai Negeri diatas Awan nya Toraja. Kampung Lolai Toraja Utara Puncaknya di ketinggian 1.300 m diatas permukaan Laut. Jika dari Makassar kurang lebih 8-9 Jaman jadi perjalanan yang cukup melelahkan , tapi terbayar sudah dengan keindahan alamnya.

sebenarnya ada banyak tempat Wisata Toraja  tetapi  tidak sempat kami kunjungi dan ada beberapa list yang kami coret ini adalah beberapa List yang bisa di jadikan Refrensi :

KETE KESU

Kete Kesu sangat Iconic Dengan Toraja Salah Satu komplek Bangunan Tongkonan dapat kita jumpai btw Tongkonan adalah rumah adat Toraja bangunan yang atap nya melengkung mirip mirip Rumah Gadang . sebenarnya sebagian Besar Wisata di tana toraja ini memang Wisata Makam , jadi Di Kete Kesu juga ada Makam .

di belakang saya ini adalah Makam dan di atasnya ada photo orang yang di makam kan di tongkonan ini.

LONDA

Letaknya 7 km dari selatan Kota Rantepao Toraja Utara , Londa Sendiri adalah objek Wisata Makam Goa yang berada di bukit , didalam nya ada Peti mati serem ya, tulang , tengkorak, bayangin kalo malam malam kesana .
Ketika sampai di Lokasi Objek Wisata nya kita akan di hadapkan dengan barisan patung Kayu yang dikenal dengan Tau Tau , Tau Tau Merupakan Patung dari Jenazah yang dimakamkan di lokasi Londa itu sendiri ( sumber : Pemandu kami )

Ini dia barisan patung Kayu nya , walaupun patung tapi serem

Setelah masuk Ke dalam Goa kita akan di berikan Lampu Petromax oh iya guys jadi nanti akan ada pemandu yang akan mengantar kita kedalam saya lupa bayar berapa . karena di dalam sangat gelap tidak ada pencahayaan pemandu sendiri akan membawa lampu petromax dan menuntun Jalan . ya namanya Goa Sempit dan licin bahkan ketika berpapasan dengan yang lainya harus ada yang mengalah Jalan. Jangan Tanya di dalam gimana heheh serem jadi jangan lupa berdoa ya , karena kita akan ketemu maya mayat.

KERBAU BULE MILYARAN UNTUK PERSEMBAHAN

ini dia kebo bule primadona kulitnya bersih gak tau sih betina apa jantan ini kerbau paling ganteng yang pernah saya lihat hehe , kerbau adalah binatang penting dalam kehidupan Tana Toraja Konon Kerbau yang disembelih menjadi tunggangan bagi sang arwah menuju Kemuliaan .

KALIMBUANG BORI

Kalimbuang Bori adalah salah satu warisan Dunia loh sudah di sahkan UNESCO  kita patut ber bangga , dan harus melestarikanya pastinya. jaraknya kurang lebih 5 km dari Rantepao Toraja Utara, biaya masuk sangat murah hanaterdapat batu baru besar tegak berdiri atau di sebut Menhir . ratusan menhir  pada era Megalitikum bisa kamu lihat ada yang berukuran tinggi, sedang dan kecil  . sebelum sampai ke objek Wisata Kalimbuang kami disuguhkan pemandangan indah selama di perjalanan hamparan Hijau luas .

spot keren di sekelililing Menhir

Pintu Masuk kalimbuang tiket nya tidak mahal hanya 10k saja (2019)

di Kalimbuang juga ada banyak Makam bahkan ada yang usianya sudah ratusan tahum ,   seperti objek wisata yang lain di tana Toraja .

BUNTU BURAKE

Kamu tidak perlu jauh Jauh ke Rio De Janeiro Brazil jika ingin melihat patung Yesus yang tingginya 40 meter ini. the one and only di tana Toraja Tentunya  , Yessus Blessing Statue namanya yang terletak di Bukit Buntu Burake , Makale. diresmikan pada tahun 2015, selain patung yang dijadikan objek wisata ada bentangan alam yang sangat indah di sekelilingnya , ada effort sedikit ya untuk sampai disini karena harus hiking .

GUNUNG NONA

Dalam Perjalan menuju Makassar kami melewati Gunung yang sangat indah ini, namanya Gunung Nona konon sih katanya kenapa di beri nama Gunung Nona Karena Gunungnya mirip maaf Kelamin Wanita , tapi menurut saya sih enggak . nama sebenarnya gunung ini adalah Buttu Kabobong , yang berada di Kab Enrekang . tepat nya di Jalan Poros , Enrekang Toraja.

PANTAI TANJUNG BIRA

Dalam Perjalanan menuju Makassar ( setelah dari Tana Toraja) kami menyempatkan mengunjungi Pantai Tanjung Bira, Dini Hari kami sampai dan tidak susah untuk mencari penginapan di sekitar Pantai tanjung Bira harga yang diberikan Bervariasi kami beristirahat beberapa jam saja lumayan meluruskan Kaki dan Rebahan walaupun sebentar , pagi nya kami menikmati pantai dan snorkling . lumayan lama kami menghabiskan waktu disini dan explore Tanjung Bira .

BULUKUMBA

Popular posts from this blog

( part thailand) Backpackeran 3 Negara Thailand , Kamboja , Vietnam (Part Thailand)